HEADLINE NEWS

Minggu, 19 Juni 2011

Pemilukada Buton: 19 Partai Keluarkan Rekomendasi Ganda

Kendari: Sebanyak 19 partai politik di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengeluarkan rekomendasi ganda kepada kandidat bupati-wakil bupati yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pemilu Kada) yang akan digelar pada 4 Agustus 2011.

"Di antara 19 partai itu ada yang memberi rekoemndasi kepada tiga hingga tujuh kandidat bupati-wakil bupati," kata anggota Komisi Pemilihan umum (KPU) Buton, Minggus, di Buton, Sabtu (18/6).

Minggus mengatakan kandidat bupati-wakil bupati dari partai politik yang mendaftar di KPU, hanya dua pasangan yang tidak menggunakan rekomendasi ganda.

Kedua pasangan calon bupati-wakil bupati tersebut yakni pasangan Agus Feisal Sjafei-Yaudu Salam Adjo (Partai Golkar dan PKS) dan pasangan Djaliman Madi-Saleh Ganiru (Partai Hanura dan PBB).

"Hanya empat partai itu yang mengeluarkan satu rekomendasi kepada pasangan calon bupati-wakil bupati Buton yang mendaftar di KPU," katanya.

Pasangan Akalim-Munsir misalnya kata Minggus, menyertakan rekomendasi dukungan dari PDIP, Barnas dan PPRN termasuk PKPI. Rekomendasi PDIP dan PPRN juga digunakan pasangan Ali Laopa-La Diri dan PPRN dipakai pasangan Umar Samiun-La Bakrie.

Sebagai penyelenggarakan pesta demokrasi rakyat lima tahunan, kata Minggus, KPU tetap menerima berkas pendaftaran yang disampaikan para kandidat bupati tersebut.

Soal rekomendasi siapa yang sah ujarnya, KPU nanti akan mengkonfirmasikannya dengan pengurus partai di tingkat pusat atau DPP
partai yang mengeluarkan rekomendasi ganda itu.

Minggus mengatakan, hasil verifikasi KPU yang memenuhi syarat sesuai ketentuan undang-undang, akan diumumkan pekan depan, tanggal 22 Juni 2011 dan akan ditetapkan sebagai calon bupati-wakil bupati yang akan dipilih pada hari pemungutan suara (4 Agustus 2011), pada 2 Juli 2011.

"Dua hari setelah penetapan calon bupati-wakil bupati, KPU akan menggelar pencabutan nomor urut sekaligus sebagai awal masa kampanye," katanya.

Menurut Minggus, calon bupati-wakil bupati Buton yang mendaftar di KPU sebanyak 14 pasangan, yang terdiri dari calon perseorangan atau jalur independent lima pasangan dan calon lewat partai politik sembilan pasangan.

0 komentar:

Posting Komentar