HEADLINE NEWS

Jumat, 10 Juni 2011

PNS di Jabar Wajib Pakai Sepatu Buatan Lokal

Bandung: Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) diharuskan mengenakan sepatu produksi dalam negeri setiap hari kerja.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kamis (9/6) mengatakan untuk mengefektifkan penggunaan sepatu produksi lokal yang juga berlaku di setiap kota dan kabupaten, pihaknya tengah membuat surat edaran. "Surat tersebut segera dikirim ke setiap dinas dan instansi di Jabar," ujar Heryawan.

Menurutnya langkah ini diambil agar menghadirkan keberpihakan terhadap produk-produk dalam negeri. "Khusus untuk PNS di lingkup Pemprov Jabar wajib, namun untuk lingkup Kabupaten dan Kota sifatnya imbauan. Kita akan segera buatkan edarannya. Dan, saya minta kepada Kadis Indag agar segera membuat konsep surat tersebut," tegasnya.

Pada kesempatan itu Gubernur memelopori penggunaan sepatu produk Cibaduyut. Menurut Heryawan kebijakan ini merupakan tindaklanjut dari Instruksi Presiden No.2/2009 tentang Penggunaan Produk dalam Negeri serta Surat Menteri Perdagangan RI No.456/M-DAG/SD/3/2011 tertanggal 23 Maret 2011 perihal Program Aku Cinta Indonesia.

Sebelumnya Gubernur juga mewajibkan menggunakan pakaian batik untuk setiap hari Kamis dan Jumat bagi PNS lingkup Pemprov Jabar. "Ini merupakan langkah antisipatif guna mendukung keberpihakan penggunaan produk dalam negeri," ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Industri dan Perdagangan (Indag) Provinsi Jawa Barat, sentra industri sepatu di Jawa Barat tersebar di beberapa daerah selain Cibaduyut yang sudah terkenal. Khusus di Cibaduyut terdapat 460 unit usaha sepatu dengan kapasitas 4 juta pasang per tahun. Daya serap tenaga kerjanya mencapai 3.556 orang dengan nilai investasi mencapai Rp2,3 miliar.

0 komentar:

Posting Komentar